3/16/13
Surat Sakti penyerahan mandat kepada Soeharto
Surat Perintah Sebelas Maret 1966 (Supersemar) merupakan surat yang berisikan mandat Presiden RI yang pertama kepada pimpinan militer dikarenakan negara dalam keadaan darurat. Berdasarkan wewenang yang diberikan melalui surat ini, Soeharto yang pada saat itu berpangkat Mayor Jenderal langsung bereaksi. Pada tahun 1967, Soeharto diangkat sebagai pejabat Presiden sementara. Soeharto resmi menjadi Presiden ke-2 RI berdasarkan keputusan MPRS pada tahun 1968. 

SP 11 Maret menjadi sangat fenomenal. Sampai saat ini, keabsahan dari surat ini belum bisa diverifikasi. Tidak satu pun pelaku sejarah yang mau berkoar mengenai isi sesungguhnya dari SP 11 Maret. 

Semenjak 1998, pasca runtuhnya kekuasaan Orde Baru (ORBA) oleh pergerakan mahasiswa yang menuntut reformasi, barulah bermunculan buku-buku yang mengupas isi dari SP 11 maret. Salah satu buku yang secara khusus membahas mengenai SP 11 Maret yaitu buku yang berjudul Misteri Supersemar, ditulis oleh Eros Djarot, dkk. 

Mengapa buku ini menjadi spesial? Buku ini bukan berdasarkan pandangan dari si penulis, melainkan fakta yang telah terpendam selama berpuluh-puluh tahun. Buku ini menyajikan fakta sejarah. Selain itu, para penulis juga melakukan wawancara langsung kepada orang si pengetik naskah, Ali Ebram. 

Silahkan download e-book berikut, untuk mengetahui secara rinci mengenai SP 11 Maret.
















Baca pula e-book berikut

0 komentar:

E-book Gratis Viewer

Content of E-book Gratis

E-book Gratis

Loading...

Labels