3/21/13
Poin pertama untuk menjadi seorang guru multitalenta yaitu

MEMILIKI KEMAMPUAN SEBAGAI MANAJER

Apa itu manajer? Mengapa harus memiliki kemampuan sebagai manajer?

Manajer berasal dari kata manager (bahasa Inggris). Kata dasar dari manager yaitu manage. Artinya mengatur/mengelola. Sedangkan manager/manajer merupakan orang yang mengatur/mengelola.

Dalam proses belajar mengajar (PBM) dikelas, hendaknya siswa menyimak setiap materi yang diberikan. Selanjutnya mereka diharapkan untuk mendiskusikan materi yang telah diberikan, baik diskusi bersama guru, teman sekelas, atau pun secara berpasangan. Jika dalam PBM siswa tidak menyimak apa yang disampaikan oleh gurunya, apa yang akan mereka diskusikan?

Disinilah kemampuan guru sebagai manajer diperlukan. Didalam PBM, suasana kelas sangat menentukan ketika seorang guru memberikan stimulus dan mentransfer pengetahuan kepada peserta didik, sehingga apa yang disampaikan si pendidik dapat menggugah peserta didik untuk terlibat aktif. Suasana yang dimaksudkan disini bukanlah suasana yang hanya sekedar hening, seperti dikuburan, tapi suasana yang rileks. Dengan demikian, siswa dapat mengembangkan ide-ide atau pokok pikiran mengenai materi yang disampaikan. Adakalanya terjadi "kegaduhan" didalam kelas. Kegaduhan berorientasi pada materi yang telah disampaikan merupakan efek positif dari pengelolaan kelas.

Sebagai manajer yang baik, ada 4 hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan kepemimpinan.
  • Perencanaan. Seorang guru harus memiliki tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran menentukan arah yang akan dicapai oleh peserta didik. Didalam menyusun tujuan pembelajaran guru harus menentukan target, regulasi, mekanisme, biaya dan agenda.
  • Pengorganisasian. Dikenal juga dengan istilah pengaturan.  Pengaturan yang dilakukan oleh seorang guru akan berdampak pada motivasi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. 
  • Pengawasan. Fungsi dari pengawasan untuk memonitor kemajuan siswa didalam PBM, sehingga guru mengetahui ketercapaian pembelajaran.
  • Kepemimpinan. Guru bukan seorang pemimpin namun berjiwa pemimpin. Pemimpin tidaklah ditakuti melainkan disegani. Peserta didik akan segan terhadap seorang guru yang berkharisma, bertanggungjawab dan pro terhadap kemajuan peserta didiknya. Dengan sendirinya, segala keputusan yang bertujuan untuk memajukan peserta didik, pasti akan dipatuhi tanpa perlawanan.  
Demikian pembahasan mengenai Kemampuan Guru Sebagai Manajer. Terimakasih atas kunjungannya.

 

0 komentar:

E-book Gratis Viewer

Content of E-book Gratis

E-book Gratis

Loading...

Labels