3/5/13
Dayak Ensilat merupakan salah satu sub-suku Dayak di Kabupaten Kapuas Hulu (Uncak Kapuas). Populasi Dayak Ensilat tinggal disepanjang sungai Ensilat yang membentang dari perhuluan Kecamatan Silat Hulu sampai pada daerah hilir Kecamatan Silat Hilir. Daerah hilir sungai Ensilat terletak dipertemuan Sungai Ensilat dan Sungai Kapuas yang berlokasi di Nanga Silat. Mayoritas Dayak Ensilat menempati daerah Bongkong hingga ke hulu sungai yang berbatasan dengan Kabupaten Sintang.


Berdasarkan data statistik Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2001, jumlah penduduk kecamatan Silat Hulu dan Silat Hilir mencapai sekitar 21.094 jiwa. Subsuku Dayak Ensilat merupakan kelompok mayoritas di kedua kecamatan ini. Dari data yang dikumpulkan di lapangan, persentasenya cukup tinggi, sekitar 70% atau 14.765 jiwa. Dari jumlah tersebut populasi terbesar terdapat di Kecamatan Silat Hulu. 

Penamaan dari sub-suku Dayak Ensilat diambil dari nama sungai Ensilat. Istilah Ensilat ini sebenarnya diambil dari sejenis tumbuhan pakis yang biasa terdapat di pinggir sungai, dalam istilah lokal disebut ensilat. Dahulu, sungai ini merupakan jalur transportasi utama sebelum dibukanya jalan darat antara Nanga Ngeri (salah satu desa perhuluan yang telah memiliki akses jalan kabupaten) sampai simpang Dangkan (jalan provinsi). Meskipun kini jalan darat menjangkau sampai kedaerah hulu, namun belumlah memadai. Hal ini dikarenakan keadaan jalan yang lebih dari 80% rusak total. Sehingga menyulitkan warga sekitar.    


Referensi:
Alloy, Sujarni, dkk.,MOZAIK DAYAK: Keberagaman Subsuku dan Bahasa Dayak di Kalimantan Barat, Institut Dayakologi, Pontianak, 2008.  

Foto diambil dari sini



Related post:
Suku Dayak Kapuas Hulu (Uncak Kapuas)

0 komentar:

E-book Gratis Viewer

Content of E-book Gratis

E-book Gratis

Loading...

Labels