2/25/13


Cap Go Meh (malam ke-15) 2564 merupakan akhir dari rangkaian Imlek 2013. Penutupan ditandai dengan atraksi “Naga Bersinar” didepan alun-alun kapuas Pontianak Jl. Rahadi Usman pada Minggu (24/2) malam.

Festival Naga Bersinar dihadiri oleh Pangdam dan Kapolda Kalimantan Barat serta Kapolres dan Walikota Pontianak beserta jajarannya. Acara ini dimeriahkan oleh 7 naga yaitu naga BPAS Siantan, naga YPK Panca Bhakti, naga Budi Pekerti, naga Khatulitiwa, naga Merdeka, naga Pemadam Siaga dan naga Bhakti Suci serta Barongsai dari yayasan Budi Agung. Naga-naga yang telah dihiasi dengan lampu warna-warni unjuk kebolehan dihadapan para undangan dan warga kurang lebih 20 menit.

Pembukaan Naga Bersinar ditandai letusan kembang api serta atraksi Naga Pemadam Siaga. Para pemain dengan sigapnya meliuk-liukan naga diiringi tabuhan gendang. Semakin riuh gendang ditabuhkan, naga bergerak semakin garang. Warga yang membeludak di Jl. Rahadi Usman bersorak sorai dan bertepuk tangan menyaksikan atraksi tersebut. Selanjutnya, warga dimanjakan oleh atraksi naga-naga lainnya.

Warga sangat antusias menyaksikan Naga Bersinar. Mereka rela berdesak-desakan menyaksikan pertunjukan tersebut. Berbagai cara dilakukan agar dapat melihat langsung atraksi naga-naga. Ada yang berdiri diatas motor, naik keatas pagar disekitar Alun-alun Kapuas bahkan memasuki pagar pembatas. Sehingga panitia harus memperingatkan sampai beberapa kali. Menurut Ani (45) warga Sungai Jawi Pontianak, ini merupakan kali kedua menyaksikan naga bersinar. “Tahun lalu saya serta keluarga juga nonton Naga bersinar.” Ani menambahkan acara tahunan ini sangatlah menarik dengan suguhan atraksi naga-naga serta hiasan lampu naga yang berwarna-warni.

Mengantisipasi membludaknya kendaraan roda dua dan roda empat disekitar jalan Alun-alun Kapuas, pihak kepolisian menutup akses jalan dipersimpangan Tanjungpura dan Juanda. Pengendera kendaraan bermotor diarahkan ke jalan Gajahmada. Selain itu, pengendara dari arah jalan Diponegoro juga dialihkan menuju jalan Jendral Urip Suharjo. Acara yang disaksikan ribuan warga ini, berjalan dengan lancar berkat pengaman pihak kepolisian, TNI, serta beberapa ormas di Pontianak.  





0 komentar:

E-book Gratis Viewer

Content of E-book Gratis

E-book Gratis

Loading...

Labels