2/20/13
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang akan segera diterapkan pada pertengahan tahun ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia pendidikan Indonesia sering berinovasi. Setelah kurikulm 1994, selalu muncul gagasan baru. Mulai dari KBK, KTSP dan Kurikulum 2013. 

Perubahan kurikulum didasari akan kebutuhan sesuai dengan kondisi jaman dan sesuai perintah menteri yang berkaitan. 

Beda menteri beda kurikulum. Hal yang dianggap lumrah di Indonesia. 


Perubahan kurikulum, hendaknya tidak didasari oleh kepentingan pencitraan belaka. Berinovasi demi kepentingaan bangsa wajib dilaksanakan. Akan tetapi, setiap perubahan kurikulum haruslah disosialisasikan secara menyeluruh, tidak hanya didaerah tertentu.



Kalimantan khususnya Kalimantan Barat, secara geografis letak wilayah (desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi) letaknya saling berjauhan. Akses kesetiap wilayah terkendala jalan yang belum memadai. Sehingga berpengaruh pula pada sistem pendidikan. Informasi belum sepenuhnya merata disetiap daerah. Pertanyaannya: Apakah didaerah tersebut  informsai mengenai kurikulum 2013 telah diperoleh?



Seandainya kurikulum 2013 diterapkan, apakah guru-guru didaerah dapat melaksanakannya? Sungguh menarik. Sosialasasi perubahan kurikulum sejauh ini hanya menjangkau daerah perkotaan, bahkan untuk uji coba kurikulum dilaksanakan di Jawa dan Bali yang notabene sistem pendidikannya sudah mumpuni dilaksanakan pada akhir tahun 2012.

 
Semoga, perubahan kurikulum berdampak terhadap kualitas pendidikan. Sehingga negara tidak dirugikan atas keputusan yang telah diambil oleh pihak terkait. Karena tidak sedikit anggaran yang dihabiskan untuk pengembangan kurikulum. Jayalah selalu Indonesia ku, pendidikan kian maju dan masyarakat kian berakhlak.









 










  

2 komentar:

Fellowship of ICT said... Reply Comment

Good article. Keep on making good article.

Pakayangan said... Reply Comment

Thank you hivan kayo. Let's change this world by sharing our idea.
Would you exchange link with me?
Just copy/paste link that I provide in this blog. Then, put in your blog by adding HTML/Javascript gadget.

E-book Gratis Viewer

Content of E-book Gratis

E-book Gratis

Loading...

Labels