3/21/13
22:36
Poin pertama untuk menjadi seorang guru multitalenta yaitu
MEMILIKI KEMAMPUAN SEBAGAI MANAJER
Apa itu manajer? Mengapa harus memiliki kemampuan sebagai manajer?
Manajer berasal dari kata manager (bahasa Inggris). Kata dasar dari manager yaitu manage. Artinya mengatur/mengelola. Sedangkan manager/manajer merupakan orang yang mengatur/mengelola.
Dalam proses belajar mengajar (PBM) dikelas, hendaknya siswa menyimak setiap materi yang diberikan. Selanjutnya mereka diharapkan untuk mendiskusikan materi yang telah diberikan, baik diskusi bersama guru, teman sekelas, atau pun secara berpasangan. Jika dalam PBM siswa tidak menyimak apa yang disampaikan oleh gurunya, apa yang akan mereka diskusikan?
Disinilah kemampuan guru sebagai manajer diperlukan. Didalam PBM, suasana kelas sangat menentukan ketika seorang guru memberikan stimulus dan mentransfer pengetahuan kepada peserta didik, sehingga apa yang disampaikan si pendidik dapat menggugah peserta didik untuk terlibat aktif. Suasana yang dimaksudkan disini bukanlah suasana yang hanya sekedar hening, seperti dikuburan, tapi suasana yang rileks. Dengan demikian, siswa dapat mengembangkan ide-ide atau pokok pikiran mengenai materi yang disampaikan. Adakalanya terjadi "kegaduhan" didalam kelas. Kegaduhan berorientasi pada materi yang telah disampaikan merupakan efek positif dari pengelolaan kelas.
Sebagai manajer yang baik, ada 4 hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan kepemimpinan.
Sebagai manajer yang baik, ada 4 hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan kepemimpinan.
- Perencanaan. Seorang guru harus memiliki tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran menentukan arah yang akan dicapai oleh peserta didik. Didalam menyusun tujuan pembelajaran guru harus menentukan target, regulasi, mekanisme, biaya dan agenda.
- Pengorganisasian. Dikenal juga dengan istilah pengaturan. Pengaturan yang dilakukan oleh seorang guru akan berdampak pada motivasi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
- Pengawasan. Fungsi dari pengawasan untuk memonitor kemajuan siswa didalam PBM, sehingga guru mengetahui ketercapaian pembelajaran.
- Kepemimpinan. Guru bukan seorang pemimpin namun berjiwa pemimpin. Pemimpin tidaklah ditakuti melainkan disegani. Peserta didik akan segan terhadap seorang guru yang berkharisma, bertanggungjawab dan pro terhadap kemajuan peserta didiknya. Dengan sendirinya, segala keputusan yang bertujuan untuk memajukan peserta didik, pasti akan dipatuhi tanpa perlawanan.
Label:
Pendidikan
Artikel Terkait:
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
- 2014 (5)
-
2013
(63)
- August(1)
- April(8)
-
March(27)
- Membangun Toko Online Berkualitas di Jejualan.com
- UAN: Menjamin Kualitas Pendidikan?
- PULSK: Jejaring Sosial Indonesia
- Sejarah Tuhan
- Menjadi Guru Multitalenta 2
- Menjadi Guru Multitalenta
- Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September dan ...
- Quantitative Research Methods in Educational Planning
- DPR RI: Santet Akan Dipidanakan?
- Language Testing and Assessment an advanced resour...
- Modern Experimental Design
- Gratis E-book Master TOEFL Preparation
- Supersemar_Surat Perintah Sebelas Maret
- Biografi Paus ke 266
- Menulis di Kompasiana
- Soeharto_Pemimpin Kontroversial Sang Garuda
- Pengertian Konklaf (The Meaning of Conclave)
- Menghasilkan Uang Dari Internet di AdsenseCamp
- PLAN (Predict, Locate, Add, Note) Gratis Download
- Reading Strategy: Predict, Locate, Add and Note
- Korea: The Bloody War of Two Peninsula Brother
- Makna Pantak Pada Masyarakat Kanayatn
- Dayak Ensilat
- Mengenal Abjad Dengan Tutup Botol Bekas
- The Historical of Sabah_Kesultanan Sulu vs Malaysia
- Cambridge Handbook of Thinking and Reasoning
- Perubahan Rezim dan Politik Etnik di Indonesia_Pol...
- February(16)
- January(11)
Content of E-book Gratis
E-book Gratis
Loading...
0 komentar:
Post a Comment
Please submit your comment about this article. You may also join this site or fill a guestbook/buku tamu. Hopefully, this article would be useful for everyone. Thank you.